Berbagai jenis Lumpia di Indonesia, ada yang di Geprek !

Selasa, 6 September 2022

Reporter: Retno Y.

Lumpia sebenarnya berasal dari negara Tiongkok, dieja sebagai lun pia. Lumpia terdiri dari lembaran tipis tepung yang dijadikan sebagai pembungkus isian yang umumnya adalah rebung, telur, sayuran segar, daging, atau makanan laut..

Camilan yang lezat ini diadaptasi menjadi salah satu makanan nikmat yang mudah ditemui di berbagai wilayah di Indonesia. Berikut rangkuman 5 Lumpia yang wajib kamu Coba !

1. Lunpia Semarang

Jenis lumpia yang satu ini paling dikenal oleh banyak kalangan. Biasanya lumpia Semarang memiliki isian berupa rebung (bambu muda), telur, dan udang. Lumpia Semarang biasanya disajikan dalam dua versi, yaitu goreng yang bertekstur renyah dan kukus yang bertekstur lembut.

Pengolahan rebung sebagai isian lumpia tidak mudah, karena salah-salah akan menimbulkan aroma amonia yang mengganggu cita rasa lumpia Semarang yang nikmat. Cita rasa lumpia semarang adalah perpaduan rasa antara Tionghoa dan Indonesia karena pertama kali dibuat oleh seorang keturunan Tionghoa yang menikah dengan orang Indonesia dan menetap di Semarang. Makanan ini mulai dijajakan dan dikenal di Semarang ketika pesta olahraga GANEFO diselenggarakan pada masa pemerintahan Presiden Soekarno.

2. Loempia Bom Purwokerto

Loempia Bom merupakan makanan khas Kota Satria  dan satu-satunya loempia terbesar di Indonesia  dengan isian telur, wortel, dan sayuran segar lainnya. Uniknya, Loempia bom memiliki berbagai macam varian isi seperti Tahu, jamur tiram, daging ayam, ampela ati, sosis, bakso. Ada juga varian  seafood seperti udang dan cumi, serta varian daging sapi. Dan yang paling favorit dan premium di menu loempia bom adalah varian Bombastik yang berisi potongan daging sapi, bakso dan sosis.

 Loempia bom merupakan loempia terbesar di Indonesia yang juga nikmat jika dipadukan dengan sambal bajak khas Loempia bom serta kremesan dan lalapan seperti timun. Selain itu, loempia yang satu ini sangat cocok jika di makan dengan nasi, ada yang berani Coba makan loempia bom pakai nasi??

Tidak hanya itu, penyajian loempia bom juga bervariasi, loempia bom biasa di sajikan dengan cara di goreng, di bakar dengan toping bumbu bakar khas Loempia bom, atau di geprek dengan sambal geprek yang tentunya menambah cita rasa saat dinikmati.  Loempia bom biasa dijadikan salah satu menu favorit untuk oleh-oleh ketika rekan-rekan atau sanak saudara sedang berkunjung di kota purwokerto. 

3. Lumpia Jakarta

 Lumpia jakarta berbeda dengan lumpia Semarang, lumpia di Jakarta menggunakan bahan baku bengkuang sebagai pengganti rebung. Lumpia Jakarta sering disajikan dengan cocolan berupa sambal kacang seperti sambal pada nasi uduk.

Di Kota Bogor, juga terdapat lumpia yang khas. Berbeda dengan daerah lainnya yang digoreng atau direbus, lumpia khas Bogor biasanya dibakar di atas besi panas, sehingga mengeluarkan aroma yang khas. Namun, isian lumpia Bogor, mirip dengan isian lumpia Jakarta, yaitu menggunakan bahan baku bengkuang. Pada lumpia khas Bogor terdapat tambahan potongan tahu dan ebi.

4. Lumpia Yogyakarta

Lumpia khas Yogya biasanya berisi bengkuang, tauge, wortel, serta daging ayam cincang. Namun ada juga yang menambah isian seperti telur puyuh rebus, soun, dsb. Salah satu lumpia yang terkenal di Yogya, Lumpia Sami Jaya, disajikan dengan menggunakan acar, cabai, dan topping yang terbuat dari bawang putih dan bengkuang yang dihaluskan.

5. Lumpia Medan

Di Medan, lumpia lebih sering dikenal dengan nama Popiah. Popiah merupakan lumpia basah yang berukuran besar. Berbeda dengan jenis lumpia yang dikenal sebagai camilan, popiah justru dikenal sebagai makanan utama.

Hal ini dikarenakan popiah dibuat dalam ukuran besar dan kaya akan isian. Isian popiah antara lain, rebung, telur orak-arik, kacang tanah, udang, kepiting, dsb.

Jangan Lupa di share, Biar yang lain juga tahu !