Jagung (Zea mays ssp. mays) merupakan salah satu tanaman pangan penghasil karbohidrat yang terpenting di dunia, selain gandum dan padi. Bagi penduduk Amerika Tengah dan Selatan. Bulir jagung adalah makanan pokok bagi sebagian penduduk Afrika dan beberapa daerah di Indonesia.

Manfaat jagung untuk kesehatan tubuh manusia, dapat diperoleh dari kandungan nutrisinya. Jagung mengandung beragam nutrisi seperti karbohidrat, protein, serat, dan sejumlah vitamin serta mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Vitamin yang terdapat pada jagung manis antara lain folat, vitamin A, vitamin C, dan vitamin B.

Jagung juga mengandung lemak dalam jumlah sedikit, namun jenis lemak ini adalah lemak baik. Sedangkan minyak jagung mengandung sejumlah vitamin E, ubiquinone (coenzyme Q10), dan fitosterol yang dipercaya memberi pengaruh baik pada kadar kolesterol pada tubuh.

Apapun olahannya, jagung mengandung sejumlah senyawa bioaktif yang diyakini memberi manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut 7 manfaat  jagung untuk kesehatan tubuh :

1. Baik Untuk Pencernaan

    Jagung merupakan salah satu makanan kaya serat, baik serat larut dan tidak larut. Serat larut dapat membantu memblokir penyerapan kolesterol. Selain itu, konsumsi jagung mampu membuat buang air besar lebih lancar, menghindarkan dari masalah sembelit, wasir, hingga kanker usus besar.

2. Sumber Energi

  Jagung termasuk makanan yang mampu memberikan energi pada tubuh. Termasuk dalam jenis karbohidrat kompleks, sehingga dengan mengkonsumsi jagung dapat memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga energi pun berlangsung stabil.

3. Menurunkan Kolesterol LDL

   Jagung kaya Vitamin C, karotenoid, dan bioflavonoid yang menjaga jantung tetap sehat dengan mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu mampu mengurangi menyerepan kolesterol dalam tubuh. 

4. Jagung Dapat Mencegah Diabetes dan Hipertensi

    Mengkonsumsi secara teratur biji jagung membantu dalam pengelolaan insulin pada diabetes. Selain itu, dapat melindungi dari hipertensi karena ada kandungan phenolic phytochemicals yang mengatur penyerapan dan pelepasan insulin dalam tubuh, sehingga mengurangi kemungkinan paku dan tetes untuk pasien diabetes agar memungkinkan mereka untuk mempertahankan gaya hidup yang normal.

5. Sifat Antikanker

   Penelitian telah membuktikan antioksidan dalam jagung bisa melawan kanker. Selain itu, sayuran yang termasuk biji-bijian ini sumber senyawa fenolik yang efektif memerangi tumor pada payudara dan hati.

6. Bermanfaat Untuk Jantung

    Jagung yang diolah menjadi minyak jagung memiliki sifat anti-atherogenic, sehingga melindungi dari penyakit kardiovaskular

7. Cegah Alzheimer

   Jagung mengandung thymine yang membantu fungsi sel-sel otak atau fungksi kognitif. Senyawa ini juga dibutuhkan untuk sintesis asetilkolin yang penting bagi memori yang terkait dengan fungsi ingatan seperti Alzheimer.